1. Isilah daur hidup yang dialami oleh hewan-hewan berikut. Hewan bermetamorfosis sempurna (MS), metamorfosis tidak sempurna (MTS). dan tidak mengalami metamorfosis (TM)! a. ngengat b. kepik f. belalang g. capung h. itik i. cecak C. tikus d. nyamuk e. tawon j. lebah

Posted on


1. Isilah daur hidup yang dialami oleh hewan-hewan berikut. Hewan bermetamorfosis sempurna (MS), metamorfosis tidak sempurna (MTS). dan tidak mengalami metamorfosis (TM)! a. ngengat b. kepik f. belalang g. capung h. itik i. cecak C. tikus d. nyamuk e. tawon j. lebah ​

Jawaban:

Daur hidup yang dialami oleh hewan-hewan berikut, yaitu:

  1. Ngengat (MS)
  2. Kepik (MTS)
  3. Belalang (MTS)
  4. Capung (MTS)
  5. Itik (TM)
  6. Cecak (TM)
  7. Tikus (TM)
  8. Nyamuk (MS)
  9. Tawon (MS)
  10. Lebah (MS)

Penjelasan:

Berbeda dengan manusia yang mengalami pertumbuhan, beberapa makhluk hidup mengalami siklus kehidupan yang disebut dengan metamorfosis. Metamorfosis merupakan perubahan bentuk yang terjadi pada hewan. Terdapat dua jenis metamorfosis yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

Metamorfosis Sempurna

Dalam perkembangannya, metamorfosis sempurna mengalami perubahan bukan hanya pada bentuk tubuhnya, tetapi pada perilaku dan penampilannya juga. Tahapan yang terjadi metamorfosis sempurna yaitu telur – larva – pupa (yang kita sebut juga kepompong) – dewasa. Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah kupu-kupu, nyamuk, lebah, katak, dan tawon.

Metamorfosis Tidak Sempurna

Pada metamorfosis tidak sempurna, metamorfosis hanya terjadi dalam tiga fase, yaitu telur – nimfa (serangga baru menetas) – dewasa). Beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah kecoa, belalang, jangkrik, kepik, dan ngengat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.