6 contoh perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan tolong jawab dongggg 6 contoh aja

Posted on


6 contoh perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan tolong jawab dongggg 6 contoh aja​

Jawaban:

1. Dinding Sel

Perbedaan paling mendasar di antara kedua jenis sel tersebut adalah dinding sel. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel. Perbedaan mendasar ini berdampak kepada karakteristik dua makhluk hidup tersebut, misalnya terkait kemampuan gerak. Tumbuhan hanya mampu membuat gerakan-gerakan kecil dan halus, sedangkan hewan bisa melakukan beragam gerakan dan aktif.

2. Ukuran

Pebedaan sel hewan dan tumbuhan yang paling signifikan adalah besar ukuran selnya. Sel tumbuhan memiliki ukuran yang lebih besar dari sel hewan. Ukuran sel tumbuhan berkisar antara 10 um hingga 100 um, sedangkan ukuran sel hewan berkisar antara 10 um hingga 30 um.

3. Keberadaan Dinding Sel

Sel tumbuhan memiliki dinding sel yang terdiri dari membran sel dan juga selulosa yang bersifat kaku. Oleh karena itu, sel tumbuhan memiliki bentuk yang kaku seperti kubus atau persegi panjang dan cenderung tidak berubah.

4. Perbedaan Ukuran Vakuola

Kedua sel ini sama-sama memiliki vakuola, namun berbeda dalam segi ukuran. Sel tumbuhan hanya memiliki satu vakuola (vakuola tunggal) yang besar dan menempati 90 persen dari volume sel, sedangkan sel tumbuhan memiliki banyak vakuola dengan ukuran yang kecil.

5. Keberadaan Lisosom

Sel hewan memiliki lisosom yang mengandung enzim hidrolitik yang bisa membunuh bakteri dalam tubuh hewan dan enzim pencernaan untuk memecah molekul makanan. Sedangkan sel hewan tidak memiliki lisosom karena pemceahan degradasi molekulnya sudah ditangani oleh badan golgi.

6. Keberadaan Kloroplas

Sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki mitokondria, namun hanya sel tumbuhan saja yang memiliki kloroplas. Kloroplas adalah organel sel yang mengandung klorofil untuk proses fotosintesis.

7. Keberadaan Plastisida

Sel hewan tidak punya plastisida, sedangkan sel hewan punya plastisida. Plastisida pada sel hewan berfungsi untuk membantu proses fotosintesis dan memberikan pigmen (warna) pada tumbuhan.

8. Keberadaan Sentirol

Sel hewan memiliki organel sentirol yang membantu proses pembelahan sel dalam proses replikasi DNA. Sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki organel sentirol karena sistematika sitokinesis dalam pembelahan sel hewan dan tumbuhan berbeda.

9. Keberadaan Silia

Silia adalah organel yang bertanggung jawab terhadap pergerakan sel. Oleh karena itu, hanya sel hewanlah yang memiliki silia. Beda halnya dengan sel tumbuhan yang cenderung stabil dan tidak bergerak karena tidak ditemukan silia sebagai organelnya.

10. Keberadaan Plasmodemata

Sel tumbuhan memiliki plasmodemata, sedangkan sel hewan tidak memilikinya. Plasmodemata adalah jembatan hidup pada sel tumbuhan yang menghubungkan sitoplasma dan memungkinkan komunikasi antar sel.

11. Kemampuan Sintesis

Sel tumbuhan diketahui dapat mensintesis semua jenis asam amino (20 jenis), sedangkan sel hewan hanya mampu mensintesis 10 jenis asam amino.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat yya!! ୧(^ 〰 ^)୨


Leave a Reply

Your email address will not be published.