Apa faktor yang membuat perkebunan sawit tebu dan kopi di indonesia berkembang pesat?

Posted on


Apa faktor yang membuat perkebunan sawit tebu dan kopi di indonesia berkembang pesat? ​

Jawaban:

Perkebunan

Indonesia menyimpan banyak potensi perkembangan seperti pala, kopi dan tembakau yang turut menjadi penyumbang devisa negara.

berikut beberapa komoditas perkebunan Indonesia yang menjadi komoditas ekspor.

A.) kelapa sawit

Indonesia merupakan produsen minyak nabati terbesar di dunia. Kelapa sawit Indonesia mampu bersaing bersaing secara langsung dengan minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari dari Eropa dan Amerika serikat. Daya tarik minyak kelapa sawit Indonesia adalah kualitas terbaik dan harga yang jauh lebih murah.

B.)kakao

Kau banyak dikembangkan di wilayah Sulawesi dan Sumatera. Nilai ekspor kakao mencapai 136,6 juta US dolar tahun 2020. Selain itu, Indonesia merupakan produsen terbesar ketiga penghasilan kakao di dunia.

C.)tebu

Tebu termasuk komoditas unggulan perkebunan Indonesia. Pada dasarnya, tanaman tebu termasuk ke dalam jenis tumbuhan rerumputan yang tumbuh alami di daerah tropis. Hingga saat ini sekitar 50 pabrik gula yang masih beroprasi di Indonesia. Indonesia menempati 8 sebagai penghasil tebu di dunia.

D.) karet

Saat ini , karet merupakan komoditas unggulan Indonesia dengan total produksi tahunan mencapai 3,2 juta ton, menjadikan Indonesia sebagai peringkat ke 2 penghasilan karet mentah terbesar di dunia. Tanaman ini banyak tumbuh di Sumatra dan Kalimantan juga.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU JAWABANNYA YA:)


Leave a Reply

Your email address will not be published.