Apa yang terjadi dengan anak laki-laki pada saat anak perempuan memasuki usia pubertas? Jawab: Adi membaca poster tentang masa puberta di mading sekolah Poster menielaskan

Posted on


Apa yang terjadi dengan anak laki-laki pada saat anak perempuan memasuki usia pubertas? Jawab: Adi membaca poster tentang masa puberta di mading sekolah Poster menielaskan​

Apa yang terjadi dengan anak laki-laki pada saat anak perempuan memasuki usia pubertas?

Jawab:

Akan mengalami perubahan mental dan fisik. Seperti contohnya mengalami bau badan, jerawat tumbuh, emosi tak terkendali, dan perubahan pada organ fisik.

===================================

Puber pada perempuan:

  • Suara menjadi lebih tinggi, mengalami masa menstruasi, pinggul mulai melebar, payudara mulai berisi

Puber pada laki-laki:

  • Suara menjadi lebih berat, mengalami masa mimpi basah, tumbuhnya jakun, otot mulai berisi

Pembahasan

Masa pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa ini disebut masa remaja. Pada masa ini, manusia mengalami pematangan alat reproduksi. Masa pubertas biasanya terjadi antara usia 9–15 tahun.

Meskipun demikian beberapa anak dapat mengalaminya lebih cepat. Pubertas perempuan biasanya terjadi lebih cepat dan pesat daripada pubertas laki-laki.

Pada masa pubertas terjadi perubahan pada diri manusia. Perubahan ini tampak pada ciri-ciri fisik. Ciri-ciri tersebut, antara lain tumbuhnya jerawat dan kulit mulai berminyak. Selain itu masih ada ciri-ciri lain. Ada perbedaan ciri-ciri fisik antara anak laki-laki dan anak perempuan pada masa pubertas.

Pubertas pada anak laki-laki umumnya terjadi pada usia 10–16 tahun. Ciri-ciri masa puber bagi anak laki-laki:

Jakun mulai tumbuh

  1. Dada lebih bidang
  2. Tumbuh rambut di beberapa bagian tubuh
  3. Suara menjadi lebih besar dan berat
  4. Tumbuh jumis dan janggut
  5. Bahu tambah melebar dan otot mulai berisi

Pubertas anak perempuan umumnya terjadi antara usia 8–15 tahun. Ciri-ciri masa puber bagi anak perempuan sebagai berikut:

  1. Pinggul mulai membesar dan melebar
  2. Tumbuhan rambut di beberapa bagian tubuh
  3. Payudara mulai berisi
  4. Mengalami haid (menstruasi)
  5. Suara dengan nada tinggi
  6. Kulit menjadi lebih halus

Pada masa pubertas perubahan fisik ini mungkin akan memengaruhi kegiatan sehari-hari. Hal-hal yang dilakukan untuk menyikapi masa pubertas sebagai berikut:

  • Perubahan hormon yang terjadi menyebabkan aktivitas kelenjar keringat bertambah. Hal ini dapat menyebabkan bau badan dan jerawat. Oleh sebab itu, kebersihan badan harus selalu dijaga. Caranya dengan mandi 2 kali sehari secara rutin.
  • Kesehatan tubuh harus selalu dijaga dengan berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, banyak minum air putih. Hindari konsumsi makanan yang tidak bergizi karena akan membahayakan tubuh dan menimbulkan penyakit.
  • Pada masa pubertas, organ reproduksi telah berfungsi sehingga anak sebaiknya berhati-hati dalam bergaul. Usahakan untuk selalu bergaul di dalam lingkungan yang sehat dan positif.
  • Dengan berkembangnya akses komunikasi, anak-anak bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi, jadi usahakan untuk memilih bacaan dan tontonan sesuai dengan usia.
  • Rajin ibadah dan membentengi diri dari hal negatif

Pada umumnya remaja mengalami berbagai kesulitan dan masalah dalam melakukan penyesuaian diri terhadap dirinya dan lingkungan sekitar pada masa pubertas. Berikut kegiatan positif yang dapat dilakukan agar terhindar dari hal-hal negatif pada saat masa pubertas:

  1. Selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mencari informasi, bertanya dan berdiskusi tentang pubertas kepada orang yang mengerti
  3. Selalu berpikir positif dan melakukan perbuatan yang positif
  4. Banyak membaca buku pengetahuan
  5. Mengembangkan hobi dan bakat

— — — — — — — — — — — —

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

  • Mapel: Sains IPA – Biologi
  • Kelas: IX – 3/9 SMP
  • Materi: Bab 3 – Sistem Reproduksi pada Manusia
  • Kode Soal: 4
  • Kode Kategorisasi: 9.4.3
  • Kata Kunci: Masa Pubertas Manusia Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published.