Gambarkan berbagai macam bentuk magnet dan fungsinya

Posted on


Gambarkan berbagai macam bentuk magnet dan fungsinya​

Jawaban:

Bentuk-Bentuk Magnet dan fungsi nya

1. Magnet Batang

Magnet batang adalah magnet yang berbentuk batang atau menyerupai balok atau kubus yang kecil.

Biasanya magnet ini digunakan untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu. Selain itu juga bisa digunakan untuk penutup benda lain, seperti kotak pensil, kotak hadiah, dan lain-lain.

2. Magnet Silinder

Magnet yang berbentuk silinder ini biasanya bentuknya bulat dan pipih.

Kegunaan magnet silinder sebagian besar sama dengan kegunaan magnet batang.

Magnet ini digunakan untuk kunci pintu pada lemari kaca dan kayu. Selain itu juga bisa digunakan untuk penutup benda lain, seperti kotak pensil, kotak hadiah, dan lain-lain.

3. Magnet Jarum

Bentuk magnet ini pipih, memangjang, dan memiliki ujung yang lancip.

Magnet jarum biasanya digunakan untuk membuat kompas sebagai penunjuk arah mata angin.

4. Magnet Cincin

Magnet cincin adalah magnet yang berbentuk melingkar dan tengahnya berlubang (mirip cincin). Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet cincin.

Oleh karena bentuknya yang melingkar, maka kita tidak akan menemukan ujung seperti pada magnet-magnet sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara menentukan kutub-kutubnya? Ternyata, magnet-magnet yang berbentuk lingkaran, kutubnya terletak pada kedua sisi permukaannya.

Misalnya, sisi permukaan depan sebagai kutub selatan dan sisi permukaan belakang sebagai kutub utara.

bentuk magnet cincin

Jadi, ketika kita menggantung magnet cincin dengan seutas tali, masing-masing permukaan itulah yang akan menghadap utara dan selatan.

Adapun fungsi magnet cincin (ring) dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan pada alat pengeras suara atau speaker.

5. Magnet Keping

Magnet keping adalah magnet yang berbentuk kepingan melingkar menyerupai uang logam. Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet keping atau cakram.

magnet keping cakram

Sama dengan magnet cincin, kutub-kutub pada magnet keping juga terletak pada kedua sisi permukaannya.

Adapun fungsi magnet keping dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan pada hiasan agar bisa menempel pada permukaan logam, misalnya kulkas.

6. Magnet Ladam

Magnet ladam adalah magnet yang berbentuk melengkung menyerupai tapal kuda. Hal ini sekaligus menjadi ciri dari magnet ladam.

Secara keseluruhan, magnet ladam sangat mirip dengan magnet U, baik dari segi penentuan kutub-kutubnya maupun bentuk garis gayanya.

Berikut ini adalah gambar penampakan dari magnet ladam, lihat bentuknya menyerupai tapal kuda:

bentuk magnet ladam tapal kuda

Adapun fungsi magnet ladam dalam kehidupan sehari-hari adalah digunakan sebagai perlengkapan generator.

Kesimpulan

7. Magnet Tapal Kuda/U

Magnet tapal kuda hanyalah magnet batang yang ditekuk membentuk U. Bentuk U membuat magnet menjadi lebih kuat dengan mengarahkan kutub ke arah yang sama. Awalnya dibuat sebagai pengganti magnet batang, bentuk ini telah menjadi simbol universal untuk magnet. Magnet ini dapat digunakan untuk mengambil benda logam dengan ukuran apapun tergantung pada kekuatan magnet tapal kuda. Misalnya, sepatu kuda kecil dapat mengumpulkan klip kertas sementara magnet tapal kuda berukuran industri digunakan dalam konstruksi dan teknik untuk mengambil potongan besar logam berat. Magnet tapal kuda juga digunakan di bagian bawah pendulum.

8. Magnet Disk

Dengan permukaannya yang lebar dan datar, magnet cakram memiliki area kutub yang besar sehingga menjadikannya magnet yang kuat dan efektif. Bergantung pada ukuran cakram, bentuk ini memiliki berbagai kegunaan. Magnet cakram digunakan setiap hari untuk pakaian, aksesori mode, dan dekorasi rumah. Menjahit magnet cakram pada pakaian adalah cara yang bagus untuk menyatukan kain. Magnet cakram dengan ukuran industri biasanya digunakan untuk mengambil mobil tua di tempat rongsokan.

9. Magnet Sphere/Bola

Magnet bola seringkali dijual sebagai mainan. Magnet bola sering digunakan dalam board games. Bisa juga digunakan membuat gelang dan kalung. Magnet bola juga merupakan alat yang efektif saat mendemonstrasikan bagaimana beberapa elemen dan molekul terstruktur, terutama dalam merepresentasikan atom.

Penjelasan:

Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published.