Kerusakan Lingkungan Sudah Menjadi Masalah yang serius, Kerusakan lingkungan saat ini sudah memasuki tahap darurat. Selain faktor perubahan iklim, faktor manusia juga turut menyumbang dalam kerusakan lingkungan. Perubahan lingkungan yang terjadi saat ini menyebabkan lingkungan menjadi tidak sesuai untuk mendukung kehidupan manusia. Hal ini harus secepatnya diatasi karena dapat berdampak serius bagi kelangsungan hidup. Secara umum, kerusakan lingkungan tersebut meliputi kerusakan hutan, penurunan kualitas air, pengelolaan sampah, dan pemanasan global. Kondisi hutan saat ini menjadi masalah kerusakan lingkungan yang cukup kronis. Tentu kita pernah mendengar dan melihat dampak yang ditimbulkan dari kerusakan hutan. Salah satunya adalah pembakaran lahan hutan. Hal ini tentu menimbulkan polusi udara dan akan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia. Selain itu, kerusakan hutan disebabkan pula oleh pembalakan liar dan perambahan hutan. Masalah hutan tersebut dapat diatasi dengan penanaman kembali pohon. Hal tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama sampai akhirnya kondisi hutan kembali pulih. Oleh karena itu, penanaman pohon harus dilakukan secara berkelanjutan. Kerusakan lingkungan juga tampak pada penurunan kualitas air. Limbah dari industri dan rumah tangga yang dibuang ke sungai merupakan faktor utama kerusakan lingkungan sehingga menimbulkan pencemaran. Hal ini berdampak terhadap menurunnya kualitas air., Air yang tercemar limbah sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Selain itu, dampak dari pembakaran hutan dan semakin terkikisnya pohon sebagai resapan air juga berpengaruh terhadap penurunan kualitas air., Masalah yang tidak serius adalah sampah. Sampah merupakan bahan yang terbuang dan sudah tidak terpakai. Sampah dapat dihasilkan dari aktivitas manusia ataupun alam. Pada umumnya , orang kerap menghasilkan sampah, tetapi enggan membereskan masalah sampah. Sampah menimnulkan polusi udara karena baunya yang menyengat. Bahkan, sampah merusak pemandangan di sekitarnya, terlebih jika dibuang sembarangan. Pengolahan sampah yang kurang baik ini menjadi penyebab bencana banjir saat musim hujan. , Faktor alam yang todak kalah penting adalah pemanasan global. Pemanasan global disebabkan oleh banyaknya gas pencemar di udara. Dampak nyata dari ketakutan manusia terhadap lingkungan adalah menipisnya lapisan ozon yang menyebabkan peringatan suhu bumi. Hal tersebut berdampak terhadap ekosistem. Kehidupan manusia dan ekosistem alam perlu menyesuaikan diri dengan perubahan iklim yang terjadi sangat cepat. Jika mahluk hidup tidak mampu beradaptasi dengan hal tersebut, masalah baru akan muncul. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah kepunahan beberapa mahluk hidup. Oleh karena itu, manusia wajjb menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan., Tuliskan 10 informasi penting yang terdapat pada teks tersebut!

Posted on


Kerusakan Lingkungan Sudah Menjadi Masalah yang serius


Kerusakan lingkungan saat ini sudah memasuki tahap darurat. Selain faktor perubahan iklim, faktor manusia juga turut menyumbang dalam kerusakan lingkungan. Perubahan lingkungan yang terjadi saat ini menyebabkan lingkungan menjadi tidak sesuai untuk mendukung kehidupan manusia. Hal ini harus secepatnya diatasi karena dapat berdampak serius bagi kelangsungan hidup. Secara umum, kerusakan lingkungan tersebut meliputi kerusakan hutan, penurunan kualitas air, pengelolaan sampah, dan pemanasan global. Kondisi hutan saat ini menjadi masalah kerusakan lingkungan yang cukup kronis. Tentu kita pernah mendengar dan melihat dampak yang ditimbulkan dari kerusakan hutan. Salah satunya adalah pembakaran lahan hutan. Hal ini tentu menimbulkan polusi udara dan akan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia. Selain itu, kerusakan hutan disebabkan pula oleh pembalakan liar dan perambahan hutan. Masalah hutan tersebut dapat diatasi dengan penanaman kembali pohon. Hal tersebut memang membutuhkan waktu yang cukup lama sampai akhirnya kondisi hutan kembali pulih. Oleh karena itu, penanaman pohon harus dilakukan secara berkelanjutan. Kerusakan lingkungan juga tampak pada penurunan kualitas air. Limbah dari industri dan rumah tangga yang dibuang ke sungai merupakan faktor utama kerusakan lingkungan sehingga menimbulkan pencemaran. Hal ini berdampak terhadap menurunnya kualitas air.
Air yang tercemar limbah sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Selain itu, dampak dari pembakaran hutan dan semakin terkikisnya pohon sebagai resapan air juga berpengaruh terhadap penurunan kualitas air.
Masalah yang tidak serius adalah sampah. Sampah merupakan bahan yang terbuang dan sudah tidak terpakai. Sampah dapat dihasilkan dari aktivitas manusia ataupun alam. Pada umumnya , orang kerap menghasilkan sampah, tetapi enggan membereskan masalah sampah. Sampah menimnulkan polusi udara karena baunya yang menyengat. Bahkan, sampah merusak pemandangan di sekitarnya, terlebih jika dibuang sembarangan. Pengolahan sampah yang kurang baik ini menjadi penyebab bencana banjir saat musim hujan.
Faktor alam yang todak kalah penting adalah pemanasan global. Pemanasan global disebabkan oleh banyaknya gas pencemar di udara. Dampak nyata dari ketakutan manusia terhadap lingkungan adalah menipisnya lapisan ozon yang menyebabkan peringatan suhu bumi. Hal tersebut berdampak terhadap ekosistem. Kehidupan manusia dan ekosistem alam perlu menyesuaikan diri dengan perubahan iklim yang terjadi sangat cepat. Jika mahluk hidup tidak mampu beradaptasi dengan hal tersebut, masalah baru akan muncul. Salah satu masalah yang dapat terjadi adalah kepunahan beberapa mahluk hidup. Oleh karena itu, manusia wajjb menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Tuliskan 10 informasi penting yang terdapat pada teks tersebut! ​

Jawaban:

1. kerusakan lingkungan saat ini sudah memasuki tahap darurat

2.Secara umum,kerusakan lingkungan tersebut meliputi kerusakan hutan, penurunan kualitas air, pengelolaan sampah, dan pemanasan global.

3.Air yang tercemar limbah sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

4.Hal ini berdampak terhadap menurunnya kualitas air.

5.Pengolahan sampah yang kurang baik ini menjadi penyebab bencana banjir saat musim hujan.

6.Hal tersebut berdampak terhadap ekosistem.

7.Kehidupan manusia dan ekosistem alam perlu menyesuaikan diri dengan perubahan iklim yang terjadi sangat cepat.

8.Tentu kita pernah mendengar dan melihat dampak yang ditimbulkan dari kerusakan hutan.

9.Hal ini tentu menimbulkan polusi udara dan akan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia.

10.Oleh karena itu, manusia wajjb menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.